5 Hal ini Bikin Kamu Siap Jalani Puasa Seharian

ilovemalang – Bulan ramadhan telah tiba saatnya menyiapkan kondisi tubuh agar terbiasa menjalani puasa seharian, yuk intip informasi spesial ramadhan ala ilovemalang.

Ada beberapa persiapan yang harus Anda perhatikan agar puasa anda makin sehat. Apa saja hal tersebut? Berikut 5 hal yang membuat anda siap jalani puasa seharian.

Sahur

Selama Ramadhan, umat muslim disunnah-kan bangun di 1/4 malam untuk melaksanakan sahur. Pastikan untuk tidak melewatkan sahur dan perbanyak mengonsumsi serat seperti sayur dan buah agar tidak lemas selama puasa seharian.

Praktisi Kesehatan, Dr. Phaidon L Toruan, MM menyarankan agar menghindari konsumsi nasi putih dan roti putih saat sahur, karena jenis makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi sehingga membuat gula darah dalam tubuh cepat naik dan berujung lemas.

Di samping itu, Pakar Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Dr. Purwita, Sp.PD-KGer mengatakan, penting untuk mengonsumsi air putih yang cukup, sekitar 4 gelas saat sahur. Dan menghindari konsumsi teh atau kopi saat sahur agar tidak cepat haus dan lemas.

Berhenti merokok

Merokok dapat memancing emosi seperti marah, gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi selama jam puasa. Untuk itu, terkadang puasa juga sering dijadikan alasan untuk hidup yang lebih sehat.

Stop gorengan

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc mengatakan, saat puasa kita kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, tetapi tidak untuk lemak. Untuk itu, tidak dianjurkan makan makanan gorengan saat berbuka puasa, karena lemak akan bertambah dan bisa jadi ini alasan bagi beberapa orang yang malah gemuk setelah puasa.

Mengatur jam istirahat

Jika biasanya Anda tidur larut malam dan bangun terlambat, mulailah mengatur waktu istirahat dari sekarang. Selama Ramadhan Anda akan bangun lebih awal untuk makan sahur dan tidur setelah sholat tarawih atau tadarus. Al-Arabiya melaporkan, tidur siang sekitar 15-30 menit saat puasa juga bisa digunakan untuk memberikan energi hingga berbuka puasa.

Konsultasi dokter

Jika Anda memiliki penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau refluks, mungkin sebelum berpuasa adalah waktu yang tepat untuk berkonsultasi dan meminta tips tertentu kepada Dokter agar Anda aman dalam berpuasa.

Yups, sudah 5 hal yang sudah kami sampaikan. Semoga tips ini bisa membantu umak dalam menjalani puasa ini dengan lebih siap. Tetap pantengin ilovemalang ya, karena masih banyak info dan tips tentang ramadhan yang bisa kamu cek disini. Marhaban Ya Ramadhan……

Sumber liputan6com

Please follow and like us:
error0