Pesona Sumber Sirah dengan Surga Bawah Airnya (Underwater)

ilovemalang – Rasakan keseruan Snorkeling di Sumber Sirah dan temukan surga sumber air tawar yang keren, yuk simak informasi selengkapnya disini.

Malang memiliki segudang wisata alam yang bisa Anda jadikan referensi liburan untuk akhir pekan Anda. Baik wisata edukasi, wisata rafting, hingga Snorkeling. Untuk Anda yang menyukai Snorkeling dan berfoto Underwater wisata yang satu ini bisa jadi referensi Anda  untuk libur akhir pekan.

Selama ini Snorkeling dan Underwater Photography identik dengan pantai yang memiliki pesona terumbu karang yang luar biasa, namun hal itu Tak berlaku jika anda ke Malang. Di Kabupaten Malang tepatnya di Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi ada Sumber mata air yang memiliki pesona Underwaternya yang eksotis.

sumber sirah by explorerindonesia IG | i love malang
sumber sirah by explorerindonesia IG | i love malang

Sumber Sirah merupakan salah satu dari sekian banyak sumber mata air alami yang indah dan menawan di Kabupaten Malang. Sumber Sirah saat ini merupakan destinasi wisata malang yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga.

Bukan hanya karena airnya yang segar dan jernih, atau pemandangan alamnya yang masih Alami, tetapi juga bagi Anda penggemar Spot Foto bawah air (Underwater Photography) Sumber Sirah memiliki keunikan tersendiri karena pada bagian dasar sumber banyak ditumbuhi tanaman hijau mirip seperti ganggang-ganggang di Laut.

Baca Juga : Pesona 7 Sumber Malang Raya

sumber sirah by rizkycyd IG | i love malang
sumber sirah by rizkycyd IG | i love malang

Tanaman yang tumbuh di dasar Sumber ini merupakan sejenis rumput air tawar (hydrilla). Tanaman ini awalnya tumbuh subur di dasar sumber, namun jumlahnya saat ini sudah tinggal sedikit hingga pengelola mengawasi serta merawat spot andalan di Sumber Sirah ini agar tidak habis.

Dengan kedalaman yang hanya sekitar perut orang dewasa, atau 0,8 meter – 1,5 meter ini memang tidak disarankan untuk Anda main lompat-lompatan. Selain membuat air menjadi keruh dan merusak indahnya pemandangan bawah airnya, kondisi air yang dangkal juga dapat membahayakan perenang.

Selain rumput air tawar terdapat pula beberapa populasi ikan kecil-kecil dan batu-batuan berukuran kecil serta pasir hitam di dasarnya. Kerennya ekosistem bawah air yang masih Alami dan Anda bisa renang bersama ikan-ikan kecil serta mengabadikannya.

sumber sirah by IG nnoart ilovemalang
sumber sirah by IG nnoart ilovemalang

Untuk Anda yang gak bisa renang jangan bersedih. Di sekitar tempat wisata  juga terdapat penyewaan Ban untuk Anda sekedar main air atau bermain river tubbing. Anda bisa menyusuri areal persawahan dengan mengikuti arus sungai yang kurang lebih sekitar 100 meter dari sumber. Walaupun lintasannya cukup pendek, tapi lumayan seru untuk Anda yang suka main-main air.