Misteri Dibalik kemegahan Masjid Tiban Turen Malang

ilovemalang – Misteri apa yang terpendam dibalik kemegahan masjid tiban yang berada di sananrejo turen malang, yuk simak informasi selengkapnya disini.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Malang, tak lengkap rasanya jika tak mampir sebentar ke Masjid yang berada di Sananrejo, Turen, Kab. Malang ini. Masjid yang tersohor dengan nama masjid Tiban ini memang menarik minat wisatawan, baik daerah maupun luar daerah.

Misteri Dibalik kemegahan Masjid Tiban Turen Malang ilovemalang
Misteri Dibalik kemegahan Masjid Tiban Turen Malang ilovemalang

Disebut Masjid tiban karena konon katanya masjid yang berada di perkampungan, dengan jalan yang sempit, dan dengan kemegahannya ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar. Menurut mitos yang beredar didaerah tersebut bangunan masjid ini dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam saja.

Namun, ketika hal ini dikonfirmasi kepada sekertariat, dikatakan bahwa pembangunan masjid yang sebenarnya merupakan kompleks Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah ini adalah murni dibangun oleh para santri dan jamaah.

“Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok tiban (pondok muncul dengan sendirinya), dibangun oleh jin dsb, itu tidak benar. Karena bangunan ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jamaah.” terlihat jelas tulisan tersebut di lobby pintu mask masjid.

Baca juga : Masjid Al-Hidayah Karangploso, Megah bak Hagia Sophia di Turki

Masjid sekaligus Ponpes ini memiliki 10 tingkat, dimana masing-masing tingkatnya memiliki tema yang berbeda-beda. Pada lantai 1 terdapat beberapa pajangan akuarium yang cukup besar dan tempat penjualan souvenir. Lantai 2 – 6 Anda akan dimanjakan dengan berbagai ukiran-ukiran kaligrafi dan ornamen-ornamen yang memanjakan mata Anda. Pada Lantai 7-8 Anda bisa membeli beberapa pernak pernik oleh-oleh khas masjid tiban ini. Dan di ujung lantai 9-10 Anda akan dimanjakan dengan pemandangan desa nan hijau dan nyaman dari ketinggian.

Kemegahan ukiran kaligrafi Masjid Tiban Turen Malang ilovemalang
Kemegahan ukiran kaligrafi Masjid Tiban Turen Malang ilovemalang

Oiya, jika Anda berkunjung kesini pada lantai 9 menuju ke-10 Anda bisa memilih naik tangga dengan kemiringan yang gila banget, atau naik tangga biasa. Untuk Anda yang suka tantangan bisa gunakan tangga dengan kemiringan yang curam ini sih.

Tak ada biaya tiket masuk yang harus Anda keluarkan jika berkunjung ke Masjid Tiban ini, hanya cukup mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan Anda. Yang penasaran, langsung aja deh kunjungi masjid penuh misteri di Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang ini.