Desaku Menanti, Kampung Wisata Desa 1000 Topeng Malang

ilovemalang – Wisata malang yang satu ini termasuk wisata jelajah kampung yang baru diresmikan oleh walikota Malang, yuk simak informasi selengkapnya disini.

Malang memang tak pernah ada matinya kalo tentang wisata dan juga kuliner, baik wisata buatannya ataupun wisata alamnya. Kali ini tim ILoveMalang akan membahas informasi tentang wisata kampung yang baru saja diresmikan oleh Walikota Malang Moh. Anton pada 14 Agustus 2017.

desakumenanti wisata kampung desa 1000 topeng malang by amazingmalang
desakumenanti wisata kampung desa 1000 topeng malang by amazingmalang

Wisata Kampung Desa 1000 Topeng Malang atau yang lebih dikenal di kalangan pemerintahan dengan Program Desaku Menanti ini sebenarnya adalah sebuah program yang di gagas oleh Kementrian Sosial RI.

Program Desaku Menanti adalah salah satu upaya dari Kementerian Sosial RI untuk mengentaskan masalah kemiskinan yang ada di Indonesia. Di Kota Malang sendiri realisasi program ini telah dilakukan pada bulan Maret 2016 berupa pembangunan 40 rumah bagi eks gelandangan dan pengemis (gepeng).

“Dengan dijadikannya Desaku Menanti sebagai desa wisata, akan menjadikan penduduk wilayah ini semakin berkembang. Sekarang kami fokus untuk mengembangkan Desaku Menanti yang dibiayai oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dengan mengembangkan wirausaha sesuai keterampilan dan kemampuan masing-masing,” ujar Wali Kota Malang Moch Anton di sela peluncuran Desa Wisata Topeng Malangan di Desaku Menanti, (republika).

Sama seperti kampung-kampung wisata yang lain, di kampung 1000 topeng ini ada beberapa Spot keren untuk berfoto. Ada dua topeng khas malang raksasa yang menarik untuk dibuat foto, selain topeng-topeng kecil dibawahnya.

Selain itu Anda juga bisa melihat bagaimana cara pembuatan topeng Malangan, mulai dari bahan dasar sampai terbentuk menjadi sebuah topeng yang kece banget.

wisata 1000 topeng by amazing malang
wisata 1000 topeng by amazing malang

Topeng Malangan sendiri dipilih menjadi ikon wisata di kampung tersebut karena Malang yang terkenal dengan kerajinan Topeng Malangan. “Semua orang tahu, kalau orang ke Malang pasti Topeng Malangan,” Ujar Walikota Malang bapak Moh. Anton. (malanggoid)