Berkunjung ke Satu-satunya Museum Musik Indonesia di Malang

ilovemalang – Seperti apasih satu-satunya Museum Musik Indonesia di Kota Malang ini, yuk simak informasi selengkapnya disini.

Jika Anda jenuh dengan wisata Alam maupun bertemakan park, atau Anda ingin berwisata sambil menambah wawasan pengetahuan Anda? tak ada salahnya jika Anda ke Kota Malang mampir sejenak ke Museum Musik Indonesia.

Museum yang berada di Jalan Nusakambangan No.19, Kasin, Klojen, Kota Malang ini adalah Museum Musik yang pertama dan satu-satunya Museum Musik yang ada di Indonesia. Museum yang berada di Lantai 2 Gedung Kesenian Gajayana ini menyimpan beberapa koleksi lagu-lagu lama dari tahun 80an hingga masa kini.

Gedung kesenian gajayana Museum Musik Indonesia di Kota Malang - I Love Malang
Gedung kesenian gajayana Museum Musik Indonesia di Kota Malang – I Love Malang

Museum yang didiri­kan oleh sekumpulan warga Malang dari Komunitas Pecinta Katjoetangan dengan membuka embrio museum berupa Galeri Malang Bernyanyi (GMB) di kediaman sang pengagas, Hengki Herwanto, di Jalan Citarum, Purwantoro, Blimbing pada 2009.

Ditemui ketika tim ILoveMalang mengunjungi tempat ini, mas ari selaku penjaga museum musik indonesia ini mengatakan ada sekitar 25.000 koleksi yang sebagian besar berupa rekaman dari Indonesia dan mancanegara, seperti kaset, CD dan piringan hitam.

Koleksi piringan hitam Museum Musik Indonesia di Kota Malang I Love Malang
Koleksi piringan hitam Museum Musik Indonesia di Kota Malang I Love Malang

Selain beberapa koleksi rekaman, ada juga koleksi alat musik daerah yang baru saja di dapat Museum Musik Indonesia pada Event APEKSI 2017 di Malang dari beberapa daerah di Indonesia seperti Sasando dari NTT, Angklung dari Jawa Barat dan masih banyak alat musik daerah yang lainnya.

Baca Juga : Meriahnya Pawai APEKSI 2017

Tak ketinggalan Musisi legendaris Iwan Fals juga menyumbangkan topi yang dipakainya saat konferensi pers sebelum tampil pada konser ekslusif di Graha Cakrawala, Kota Malang beberapa waktu lalu. Topi tersebut di tempatkan sendiri eksklusif bersama beberapa rekaman dan majalah tentang Bang Iwan.

Tak cukup sampai disitu, Anda juga dapat mendengarkan rekaman-rekaman jaman doeloe yang di pajang di Museum Musik Indonesia ini melalui streaming lokal melalui aplikasi yang tersedia hanya di lokasi tersebut saja. Untuk harga tiket masuk Museum Musik Indonesia tergolong murah banget. Untuk menikmati koleksi-koleksi klasik ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 5000 rupiah saja. *free untuk anak-anak.

Koleksi Museum Musik Indonesia di Kota Malang - I Love Malang
Koleksi Museum Musik Indonesia di Kota Malang – I Love Malang

Menikmati alunan musik lawas yang diputar, sambil membaca majalah-majalah jadoel, dan ditemani dengan sajian makanan minuman ringan, menambah kesan santai namun relax sambil mengenang memori masa lalu bersama pasangan Anda di Museum Musik Indonesia.