Wow, Aplikasi Manajemen Keuangan Milik Mahasiswa UMM Ini Selesai Dalam Waktu 4 Hari!

ilovemlg.com – Yup, hanya 4 hari. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini tidak butuh waktu lama untuk membuat aplikasi manajemen keuangan di Android. Jombloers asal Tulungagung ini mengungkapkan bahwa dia mulai membuat aplikasi semenjak kelas 2 SMA. Aplikasi pertama yang dia buat adalah BriXzeN Pos (poin of sales) yang di pakai oleh CV. BRPS Bintang Rejeki PS. Pakan ternak. Wow!

Awal mula mahasiswa yang berencana wisuda bulan Februari 2016 ini berkenalan dengan dunia programming sebenarnya karena dia merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya dalam pelajaran yang diajarkan di sekolah, sehingga dia lebih memilih untuk belajar hal lain di luar jam pelajaran, yaitu belajar programming. Dan usahanya tidak sia-sia melihat sudah berapa banyak aplikasi yang telah dia buat sampai hari ini. Nama mahasiswa ini adalah Ali Usman.

Tim iLoveMlg telah berhasil mengulik sedikit info mengenai aplikasi ini, penasaran? Check this out….

Hai Usman, apa nama aplikasi ini?

Ini adalah aplikasi duwetku. Duwet berarti duit atau uang. Dengan kata lain duwetku artinya adalah duitku/uangku.

Konsep dari aplikasi ini apa sih?

Duwetku bukan management keuangan biasa. Lebih ke penyeimbang keuangan, menggunakan metode 50/30/20 yang dikemukakan oleh Elizabeth Warren. Aplikasi ini akan menghitung 50% uang di gunakan untuk kebutuhan 30% untuk keinginan 20% untuk saving. Aplikasi ini membantu menyeimbangkan pengeluaran pengguna. Sehingga pengguna dapat bersenang-senang dan tetap punya tabungan.

Apa yang membuatmu tertarik untuk membuat aplikasi ini?

Karena ane tidak bisa manage uang. Ane cenderung tidak punya tabungan, dan ane mengutamakan keinginan untuk dibeli, bukan kebutuhan.

Ohh… Jadi begitu, terus kelebihan dari aplikasi ini apa?

Kelebihannya adalah dia memiliki metode. Jadi bukan kita yang menentukan kapan harus berhemat, kapan harus senang-senang, dan kapan harus nabung. Namun sudah diatur oleh si aplikasi. Sehingga kita tinggal pencet tombol plus kalau ada pemasukan dan tinggal pencet tombol minus kalau ada pengeluaran.

Tentunya tiap aplikasi ada kekurangannya kan, apa yang akan kamu lakukan kedepannya?

Jelasss. Perbaikan bug, optimasi line chart, dan penambahan sync data, itu dulu sih.

Oke, terima kasih atas waktunya.

Sama-sama.

Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba aplikasi ini, silahkan diunduh di Play Store dan ketikkan di kolom search duwetku, atau bisa mengunjungi link ini duwetKU