Lebih dari 4000 Peserta Ramaikan Kirab Budaya Kab. Malang di Jalur Lintas Selatan

ilovemalang – Lebih dari 4000 peserta ramaikan kirab budaya kab. Malang di Jalur Lintas Selatan, yuk cek informasi selengkapnya disini.

Rangkaian peringatan Hari Jadi Kab. Malang ke-1256 tahun ini berpusat di sepanjang pantai selatan Malang, tepatnya di Jalur Lintas Selatan (JLS) pesisir pantai selatan Kabupaten Malang. Acara tersebut berlangsung pada hari sabtu (19/11) ditutup dengan Acara Kirab Budaya Agung Gumebyar Bhumi Singhasari.

Kurang lebih ada sekitar 5000 peserta dari SKPD dan 33 Kecamatan di lingkungan Pemkab Malang diberangkatkan oleh Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna yang mengambil start  dipantai bengkung. Dalam sambutannya Bupati mengucapkan dirgahayu Kabupaten Malang ke-1256.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Malang saya mengucapkan selamat memperingati hari jadi Kabupaten Malang ke-1256. Terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Malang atas segala partisipasinya dalam memeriahkan kegiatan Kirab Budaya kali ini,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan Kirab Budaya ini dapat menjadi sarana memperkuat ciri khas dan jati diri dari masyarakat Kabupaten Malang melalui budaya,” imbuhnya.

Meski akses jalan sudah tertutup total untuk kegiatan tersebut, warga yang berdatangan berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Malang Selatan (Gedangan, Bantur, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan) tetap memaksa untuk menembus keramaian demi melihat event besar ini.

Ditambahkan Bupati bahwa Kirab Budaya ini memang sudah menjadi tradisi tahunan di Kabupaten Malang, tetapi juga sebagai upaya untuk menjadikannya sebagai kegiatan yang benar-benar menarik dan memiliki nilai jual khususnya sebagai obyek wisata.

“Pelaksanaan pada tahun ini memang dipusatkan di kawasan pantai selatan Kabupaten Malang yang melewati Jalur Lintas Selatan. Karena ini adalah salah satu upaya positif khususnya agar kegiatan ini semakin memiliki nilai jual digabungkan dengan potensi keindahan alam pantai di Malang Selatan,” ulasnya.

Rangkain arak-arakan pawai Kirab Budaya Agung Gumebyar Bhumi Singhasari 2016 ini diawali dari penampilan kontingan dari Kecamatan Sumbermanjingwetan dengan tema penampilan bumi penghasil ikan laut. Selanjutnya diikuti penampilan oleh Kecamatan Gedangan dan Kecamatan lainnya dan SKPD dengan jumlah total kurang lebih 90 rangkaian pawai.

Sumber PemkabMalang