Kota Malang Sabet Penghargaan Adipura Kencana 2017

ilovemalang – Informasi Kota Malang sabet penghargaan adipura kencana 2017, yuk simak informasi selengkapnya disini.

Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2017 dilaksanaka Rabu (2/8) di Plaza Ir. Soedjono Soerjo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Acara ini diisi oleh beberapa kegiatan lainnya seperti Landmark Hutan Indonesia, Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi, Pekan Nasional Perubahan Iklim, serta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang bertema “Untuk Hutan, Lingkungan dan Perubahan Iklim Berkeadilan”.

Presiden RI Joko Widodo menghadiri gelaran ini di dampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

adipura kencana 2017 Kota Malang photo by Halo Malang ilovemalang
adipura kencana 2017 Kota Malang photo by Halo Malang ilovemalang

Kota Malang masuk dalam kategori Kota Besar yang berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana bersama lima Kota Besar lainnya yaitu Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Jombang.

Walikota Malang H. Moch. Anton berkesempatan hadir dan menerima secara langsung Piala Adipura Kencana 2017. Selain Adipura Kencana kategori Kota Besar, Kota Malang juga meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri yang diraih oleh SMAN 2, SMAN 7, dan SMPN 15 Kota Malang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Masyarakat Kota Malang sangat bangga dengan penghargaan tertinggi bidang lingkungan ini. Penghargaan ini merupakan wujud nyata kerja keras dan kebersamaan semua komponen dan elemen masyarakat yang ada di Kota Malang,” ungkap Walikota Malang yang akrab disapa Abah Anton oleh warganya tersebut.

Kota Malang berhasil meraih penghargaan ini, lanjut Abah Anton karena inovasi di bidang lingkungan hidup seperti Bank Sampah Malang (BSM), Road Sweeper, Tong Sampah Tematik, Kader 3R, pembangunan pengolahan sampah terpadu, Gerakan Menabung Air (Gemar) hingga revitalisasi taman dan hutan kota.

“Ke depan, saya berharap dengan inovasi tersebut mampu mengurangi persentase sampah yang ada di Kota Malang, khususnya yang dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Bahkan, yang ada di TPA-pun juga diolah menjadi gas metan sebagai pengganti bahan bakar kebutuhan rumah tangga masyarakat sekitar lingkungan TPA,” ujar Walikota Malang yang akrab dipanggil abah anton tersebut.

Sumber PemkotMalang