Kopi Malang dapat Sertifikat Internasional

ilovemalang.net – Kopi asal Kabupaten Malang, mendapatkan sertifikat internasional komoditas kopi oleh The Common Code for The Coffee Community (4C) Association.

Kopi adalah komoditas kota malang yang diakui sejak jaman Belanda. Namun beberapa hari ini tentu kita sering mendengar nama kopi yang sesuai dengan daerah asalnya “kopi dampit”.

Kopi asal Dampit ini sudah menembus pasar internasional. Sehingga negara yang menjadi tujuan ekspor dari kopi yang mensyaratkan adanya sertifikasi mutu kopi. Utamanya harus memiliki trading pasar sesuai dengan selera para konsumen.

Sertifikat 4C itu merupakan hasil kerja sama antara petani kopi di Kabupaten Malang dengan PT. Asal Jaya yang dapat memenuhi permintaan pasar (ekspor) kopi. Pemkab berharap kepada petani kopi yang tergabung dalam kelompok tani untuk tetap semangat dan terus meningkatkan mutu dan produksi kopi miliknya.

Dengan adanya pengakuan konsumen dari luar negeri tentunya akan menjadi pemicu petani untuk terus meningkatkan kualitas kopi di wilayahnya.

dikutip dari surabaya.bisnis

“Masa berlaku sertifikat relatif singkat yakni antara dua hingga tingga tahun. Setelah itu akan dilakukan uji ulang sesuai dengan permintaan pasar di negara tujuan,” ujar Tomie Herawanto.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang, Tomie Herawanto mengatakan sentra kopi di Kabupaten Malang tersebar di wilayah Kecamatan Dampit, Ampelgading, Tirtoyudo, dan Kecamatan Sumbermanjingwetan.