Clean Air Asia Ralat Informasi Penghargaan Udara Terbersih Untuk Kota Malang

ilovemalang – Ralat Kota Malang tentang informasi penghargaan 5 Udara Terbersih di Asia dari Clean Air, yuk simak informasi selengkapnya disini.

Sebelumnya, Informasi mengenai Kota Malang Mendapatkan 5 Udara Terbesih se ASIA ini sudah sangat viral di media sosial, namun ternyata informasi tersebut kurang tepat.

Kepala BLH Kota Malang menerangkan, terjadi perbedaan pemahaman antara BLH dan Pemkot Malang dalam menafsirkan pernyataan Clean Air Asia. Pihaknya meralat kabar Kota Malang sebagai salah satu 5 besar kota dengan udara terbersih se-Asia.

Bathan-Baterina mengungkapkan pihaknya menginisiasi draf Clean Air Certification pada akhir Agustus lalu. “Sebelum sertifikat udara bersih diaplikasikan dalam ranah yang luas, Clean Air Asia memilih lima kota sebagai pilot project area,” terang Deputy Executive Director Clean Air Asia tersebut.

Kelima kota tersebut adalah Kota Baguio, Iloilo City, dan Santa Rosa di Filipina, Kathmandu di Nepal, serta Malang sebagai perwakilan Indonesia. Sertifikat ini merupakan bentuk pengakuan organisasi yang dipimpinnya kepada kota-kota yang berkomitmen meningkatkan kualitas udara.

Sementara itu dalam laman resmi www.cleanairasia.org dijelaskan bahwa Clean Air Asia menginisiasi draf Clean Air Certification pada akhir Agustus 2016. Sertifikat ini merupakan bentuk pengakuan atau apresiasi kepada kota-kota yang berkomitmen meningkatkan kualitas udara.

Kota yang akan mengantongi sertifikat tersebut harus menempuh sejumlah assesment sesuai dengan kriteria Clean Air Asia. Kota tersebut juga harus menunjukkan pembuktian atas upaya yang telah dilakukan dalam menjaga dan memperbaiki kualitas udara.

Menanggapi informasi yang salah terima dan sudah menjadi viral di media online ini Katharine selaku Direktur The Cities Clean Air Partnership Program belum lama ini mengirim surat yang telah diterima Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang. Hal itu dilakukan untuk meluruskan pemberitaan yang saat ini simpang siur.