Alun-Alun Kota Batu Jadi Tempat Favorit Untuk Destinasi Ngabuburit

ilovemalang – Alun-alun kota batu jadi tempat favorit untuk destinasi ngabuburit di bulan Ramadan, yuk simak informasi selengkapnya disini.

Kota Batu, rupanya juga serius memformat kotanya menjadi destinasi wisata andalan di Jatim. Alun-Alun Kota Wisata Batu (KWB) pun juga menjadi salah satu tempat favorit saat ngabuburit di bulan puasa ini. Terbukti sampai ratusan wisatawan baik dari Kota Batu maupun luar kota masih memadati tempat ini.

Hal ini tak lepas dari Walikota Batu yang serius menggarap daerahnya sebagai destinasi wisata. Lokasi Alun-Alun yang strategis, ditambah suasana kota yang sejuk yang menjadikan kawasan alun-alun menjadi titik kumpul para wisatawan.

ilovemalangnet Masjid Kota Batu by @shobek_corp
ilovemalangnet Masjid Kota Batu by IG shobek_corp

Bagi wisatawan yang ingin berbuka, mereka bisa langsung menuju pusat kuliner yang berjejer di sepanjang Jalan Sudiro, Jalan Munif, atau Jalan Kartini. Anda juga bisa menjalani shalat Maghrib lebih dulu di Masjid Agung An-Nur di Jalan Gajah Mada, yang letaknya berseberangan dengan alun-alun.

”Di sini (alun-alun) sejuk. Jadi cocok untuk nunggu buka puasa (ngabuburit). Tapi yang paling seru waktu naik bianglala,” kata Aprilia wisatawan asal singosari kab.Malang di sela-sela menikmati wahana bianglala.

Hal senada juga disampaikan Ali Quraisi, wisatawan asal Kalimantan. Dia menyatakan, suasana sejuk di alun-alun membuatnya betah dan tubuhnya jadi lebih fresh meski sedang berpuasa.

Sementara itu, petugas bianglala Alun-Alun Kota Batu menyatakan, jumlah pengunjung diperkirakan akan meningkat terus meningkat. ”Awal puasa rata-rata 50-an orang per hari. Tapi setelah puasa sepuluh nanti bisa dua kali lipat. Ini pengalaman tahun lalu,” terang pria yang bekerja di bianglala sejak 2011 ini.

Selama waktu salat tarawih berlangsung, wahana di alun-alun ini tidak beroperasi untuk sementara. Bianglala akan dibuka kembali setelah salat tarawih selesai. Sehingga, semua wahana disterilkan dari pengunjung “Kami ingin menghormati warga yang beribadah di bulan puasa,” ujarnya.

Sumber Kemenpar