7 Foto Sudut Kota Malang Tempo Doeloe

ilovemalang – Sudut-sudut kota malang tempo doeloe sampai sekarang tetap menyimpan sejuta pesona dan ceritanya tersendiri.

Kota malang adalah kota yang indah baik di masa lalu sampai sekarang. Mulai dari kota pendidikan, kota wisata, kota kuliner…. dan masih banyak lagi. Dibalik semua keindahannya ada cerita dari masing-masing sudut kota malang. Menyambut adanya Malang Kembali atau Malang Tempo Doeloe ilovemlg memberikan informasi spesial tentang malang di masalalu. Langsung aja yuk kita bahas…….

Alun-alun Merdeka Kota Malang

alun-alun-malang-tempo-dulu via mediacenter ilovemlg | ilovemalang
alun-alun-malang-tempo-dulu via mediacenter ilovemlg | ilovemalang

Alun-alun merdeka kota malang yang kita tahu sekarang sangat berbeda dengan jaman doeloe, baik dari fungsi dan tampilannya ker. Menurut Cerita sejak jaman kerajaan singasari alun-alun ini berfungsi bukan hanya sebagai taman biasa, namun juga menjadi halaman ibukota negara yang sakral. Di jaman kolonialisme kota malang sebagai kota administrasi membuat perkembangan dari sisi pembangunan seperti gereja, hotel, dan pemerintahan bertebaran disekitar alun-alun ini. Saat ini alun-alun merdeka adalah salah satu tempat ternyaman di kota malang untuk bersantai bersama keluarga, gimana menurut umak?

Jalan Oro-oro Dowo

oro2dowo-kayutangan via mediacenter ilovemlg | ilovemalang
oro2dowo-kayutangan via mediacenter ilovemlg | ilovemalang

Jalan ini termasuk kawasan elit untuk orang Eropa di kota malang ker….. Tepatnya pada tahun 1914 penduduk kota Malang terdiri dari tiga golongan yaitu, Pribumi, Eropa, dan Timur. Wilayah dibagi berdasarkan tiga golongan tersebut, Orang-orang Eropa penyebarannya berada di barat daya alun-alun merdeka malang. Hayo, mosok pangling karo daerah iku umak?

Stadion Gajayana Malang

malang1950-stadion-gajayana ilovemlg | ilovemalang
malang1950-stadion-gajayana ilovemlg | ilovemalang

Nawak-nawak lek gak kenal stadion iki kebacut ker. Pernah menjadi markas dua tim besar asal kota malang Persema dan Arema, Stadion ini sampai saat ini masih eksis dan semakin cantik. Dipugar beberapa kali, stadion ini menjadi saksi bisu berkembangnya kota malang dari tempo dulu ke era masa kini. Tembok e tambah ruwud ya ker?

Masjid Jami’ 

malang jami ilovemlg | ilovemalang

Ya masjid yang sekarang besar dan megah itu salah satu saksi bisu berkembangnya kota malang, dari jaman kolonialisme sampai modern. Masjid Jami’ Malang dibangun 1872-1875, sangat tua sekali tentunya di tahun ini ker…. bagaimana menurut umak?

Gereja Kayoetangan

gereja kayoetangan ilovemlg
gereja kayoetangan ilovemlg

Nama gereja ini sebetulnya adalah Gereja Katolik Hati Kudus Yesus cuma memang lebih dikenal dengan Gereja kayutangan ini memiliki nilai historical. Gereja Kayutangan ini telah menjadi saksi eksistensi umat Katolik sejak masa kolonial Belanda di Malang. Salah satunya yakni dengan kehadiran pengembara Hati Kudus Yesus (HKY) yang sudah ada sejak tahun 1987. Masih tetap sama ya ker bangunannya?

Kantor Balaikota Malang

Balaikota malang terbakar ilovemlg
Balaikota malang terbakar ilovemlg

Mungkin bukan hanya bandung yang pernah menjadi lautan api, Malang juga pernah mengalaminya. Pada tanggal 29 Juli 1947 Belanda menyerbu Malang yang dikenal sebagai Agresi Militer Belanda I. Sebelum tentara Belanda memasuki kota, gedung balaikota sudah dibumihanguskan oleh para pejuang. Bukan gedung balaikota saja yang dihancurkan, gedung-gedung penting lainnya meliputi seribu bangunan turut dibakar. Baru setelah perang kemerdekaan gedung Balaikota Malang kembali dibangun. Umak kudu Bangga Karo jasa pahlawan ker…. 🙂

Alun-alun Bundar Balaikota Malang (TUGU)

peresmian alun-alun tugu via blog.ub/idhamaya | ilovemlg
peresmian alun-alun tugu via blog.ub/idhamaya | ilovemlg

Awalnya hanya taman bundar yang dibentuk oleh gubernur belanda Jenderal Jaan Pieter Zoen Coen. Kemudian, setahun setelah kemerdekaan Indonesia hasil KMB di belanda, masyarakat Malang mendesak untuk merubah struktur pemerintahan daerahnya. Pada saat itu pula diletakkan batu pertama pertanda dibangunnya Monumen Tugu yang ditandangani oleh Mr. Soekarno dan A.G. Suroto. (by mediacentermalang)

Sudah 7 ya?

Malang itu kota indah dan bersejarah, dan syukur beberapa peninggalan sejarah masih kita temui baik di museum kota malang, ataupun bangunan-bangunan kuno saksi bisu yang bertebaran di jalanan kota malang. Semoga masih tetap terjaga hingga anak, cucu, cicit kita nanti, terutama bahasa ngalam e ker…… kudu diajari cek Itreng….. yo gak?

Jika ada informasi yang kurang tepat, tim ilovemlg menerima masukan dan me mohon maaf atas kesalahan informasi tersebut. Nantikan info 7 ala ilovemlg disetiap minggunya ya ker, dan pantengin terus ilovemlg tiap harinya untuk informasi terbaru tentang malang.

Malang Tempo doeloe sampai malang tempo saiki tetep kipa

i love mlg | i love malang